Senin, 20 Juni 2016

Android N

Google telah merilis versi preview dari sistem operasi terbaru, Android N. Tak seperti biasanya, versi preview ini tidak hanya ditujukan bagi pengembang aplikasi. Pengguna Android umum pun diberi kesempatan untuk mengunduhnya.

Lockheimer mengungkapkan rencana bahwa Google bakal merilis versi preview Android N dalam lima tahap, sebelum akhirnya menerbitkan versi final pada kuratal ketiga 2016. N tampaknya akan menjadi sistem operasi Android terbaru yang disukai banyak orang. Google bahkan sampai membuat sayembara untuk menentukan kode nama Android N ini. 

Walau masih akan dirilis pertengahan tahun ini, tapi kehadiran Android N sudah banyak dinantikan. Terlebih lagi Google sempat memberikan bocoran apa saja kemampuan Android N tersebut. 



Beberapa fitur baru yang sudah bisa dicoba di versi preview Andorid N ini antara lain:

1. Multi-window.

Pada Android N, Google akan memberikan opsi kepada pengguna untuk mengaktifkan mode dua layar yang terpisah(split-screen), baik di ponsel maupun komputer tablet. Dengan demikian, pengguna dapat menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dan melihatnya secara berdampingan. Opsi lainnya adalah mode Picture-in-Picture(PiP), fitur yang umum ditemui di layar televise untuk menampilkan layar kecil di pojok tampilan layar yang lebih besar.

Berikut adalah fitur split-screen dari Android N.


2. Direct reply notifications.

Pengguna bisa membalas pesan secaran langsung dari notifikasi pesan mask yang muncul di bagian atas layar, tanpa perlu masuk ke aplikasi pesan yang bersangkutan.
                                                        
3. Bundled notifications.

Pengguna dapat menerima beberapa notifikasi dari sebuah aplikasi yang sama, yang kemudian dikumpulkan menjadi satu bundle notifkasi. Misalnya, pengguna menerima 10 pesan dari 3 orang berbeda di WhatsApp, tapi notifikasi yang ditampilkan hanya satu buah.

4. Efficiency.

Di Android Marshmallow, Google memperkenalkan fitur Doze untuk menghemat baterai saat perangkat sedang nonaktif. Sekarang, di Android N, Doze juga akan menghemat baterai saat layar sedang padam. Syaratnya, mereka harus memiliki perangkat yang kompatibel dengan versi preview ini, yaitu Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, Pixel C, dan Android One.


Referensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar