Jumat, 01 April 2016

Windows 10

Pengertian.

Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 Semptember 2014,  dirilis pada 29 Juli 2015.

Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop), termasuk kebangkitan menu Mulai yang terlihat di Windows 7, sistem desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.

Pengembangan

Pada bulan April 2014, pada Konferensi Build, Terry Myerson dari Microsoft meluncurkan versi terbaru dari Windows yang menambahkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows di dalam jendela desktop, dan menu Mulai yang lebih tradisional. Menu Mulai baru yang terbentuk setelah desain Windows 7 dengan menggunakan hanya sebagian dari layar dan termasuk daftar aplikasi bergaya Windows 7 di kolom pertama. Kolom kedua menampilkan Metro UI aplikasi bergaya Windows 8. Myerson menyatakan bahwa perubahan ini akan terjadi dalam pembaruan masa depan, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut. Microsoft juga meluncurkan konsep "aplikasi Windows universal", memungkinkan aplikasi Windows Runtime dapat diporting ke Windows Phone 8.1 dan Xbox One sementara berbagi basis kode yang sama, dan memungkinkan data pengguna dan lisensi untuk sebuah aplikasi yang akan dibagi antara beberapa platform.
Perubahan besar lain pada Windows 10 adalah pengenalan “Edge” web browser, yang dirancang untuk menggantikan Internet Explorer (IE). Namun Browser Internet Explorer (IE) masih ada di dalamnya. “Edge” merupakan default browser pada Windows 10. Fitur baru lainnya termasuk Continuum, yang secara otomatis mengoptimalkan antarmuka pengguna tergantung pada apakah Anda menggunakan keyboard eksternal atau touchscreen, dan Windows Store yang mirip dengan Pemberitahuan bar di OS X. Windows 10 juga mendukung beberapa desktop pada monitor tunggal dan menyediakan Snap Assist, fitur yang membantu mengatur jendela di layar.
Salah satu perbedaan terbesar antara Windows 10 dan rilis sebelumnya dari Windows adalah bahwa Windows 10 upgrade tersedia gratis untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8 selama satu tahun. Namun, Microsoft masih mengenakan biaya lisensi untuk salinan Windows 10 yang diinstal di komputer baru dan untuk pembelian non-upgrade. Versi lengkap dari Windows 10 Home berharga $120 dan Windows 10 Pro mempunyai harga $200.

Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar